living-tree living-tree1

TRANSFORMATION : LIVING TREE (2009)

SPESIFIKASI
Ukuran : Tinggi 245 cm ; Lebar 115 cm
Bahan : Pipa stainless steel, kayu sonokeling, plat kuningan dan kayu suar.
Finishing : Melamine coating, wax coating
Teknik pengerjaan : Pahat, kenteng/ tempa dan las acitilin.

KONSEP
Dengan berat hati satu kakiku melangkah kemasa depan yang penuh dengan dinginnya teknologi, sementara …..satu kakiku yang lain tertinggal dimasa lalu yang penuh dengan balutan tradisi dan sejarah, inikah “pohon kehidupan” yang kita dambakan?

Manusia seharusnya tidak tinggal dimasa lalu tapi berdiam dimasa datang sesuai dengan zamannya. Tapi apakah transformasi ini akan mengorbankan lingkungan hidup beserta tradisi dan sejarahnya demi mengejar kesempurnaan teknologi yang mengabaikan harkat dan martabat kemanusiaan ?

Transformasi adalah perubahan yang menjadi takdir manusia dimana didalam karya patung ini disimbolkan dengan perubahan bahan dan bentuk dari kayu ke stainless steel. Dengan bentuk gemulai liukan batang pohon yang diciptakan dari pahatan sebatang kayu, terbentuklah sebatang pohon baru dengan cabang spiral stainless steel yang ditempeli ratusan titik-titik las yang menggambarkan “complicated”-nya teknologi. Memang idealnya, teknologi diciptakan tidak untuk menteknologikan manusia tapi memanusiakan teknologi. Dengan demikian teknologi bisa membantu manusia untuk menyelamatkan lingkungan beserta tradisi dan sejarahnya.

Advertisements